Selasa, 22 Maret 2016

Potensi Energi Air di Indonesia, Djoko Kirmanto: Indonesia, Potensi Listrik Tenaga Air Nomor Lima di Dunia

        Air memiliki peran yang sangat penting di dunia. Sebagai pokok utama dalam kehidupan makhluk hidup. Air juga dapat menjadi sebuah energi alternatif, sebagai pembangkit listrik tenaga air. Penggunaan air sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik manusia, maupun mahkluk hidup lainnya. Tanpa air mahluk hidup akan mati. Air salah satu sumber alam Indonesia yang melimpah ruah. Memiliki potensi energi alternatif yang sangat besar. Dikarenakan wilayah Indonesia yang sebagian besar dikelilingi perairan atau lautan.
   
      Penggunaan air sebagai energi alternatif, menjadikan Indonesia peringkat ke lima di dunia. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, Indonesia memiliki potensi pembangkit listrik tenaga air yang luar biasa. "Indonesia itu potensinya nomor lima di dunia," katanya seusai penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Korea Midland Power Co Ltd dalam proyek hydropower di Muaro Juloi, Kalimantan Tengah. Djoko mengatakan, saat ini Indonesia masih mengalami kebanjiran pada musim hujan dan kekeringan pada musim kering. Oleh karena itu, Indonesia harus meningkatkan manajemen air. Untuk ketahanan pangan, Kementerian sudah membangun jaringan irigasi untuk mengaliri sawah. Selain itu, menurut dia, Kementerian ikut mendukung ketahanan energi, salah satunya melalui kerja sama dengan Korea itu.
   
        Banyak sungai di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Akan tetapi, tidak mudah merealisasikannya hanya dengan bantuan pemerintah, karena membutuhkan biaya yang sangat mahal. Maka, Kementerian Pekerjaan Umum (KPU) menyatakan bekerja sama dengan perusahaan swasta untuk memanfaatkan sungai yang ada di Indonesia. KPU pun mengizinkan kepada pihak swasta yang berkeinginan untuk mengolah air sungai menjadi pembangkit listri tenaga air. Dukung pemerintah dalam memanfaatkan air sebagai energi alternatif, pembangkit listrik tenaga air.

Sumber: 

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar