Senin, 10 Maret 2014

Beasiswa Vs Mahasiswa 2

Wiwin Abadeke
   Beasiswa Memotivasi Cepat Lulus Kuliah

         Beasiswa memang sangat diinginkan semua Mahasiswa untuk meringankan ekonomi keluarga. Macam-macam beasiswa diadakan untuk membatu Mahasiswa/i yang kurang mampu dalam pembiayaan selama menjalani perkuliahan. Hal itulah yang sangat diinginkan orang-orang melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi.
Beasiswa yang diadakan di Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta khusus jurusan Filsafat Fakultas Usulludin ini membuat antusias Mahasiswa/i untuk mendapatkannya. Alasan mereka banyak sekali, salah satunya untuk meringankan perekonomian keluarga dan agar bisa memotivasi menyelesaikan kuliah tepat waktu. Beasiswa dari Master Chingkung beragama Budha tidak melihat perbedaan agama, Pria yang  paruh baya telah memberikan sebagian kecil hartanya untuk membantu membiayai pendidikan mahasiswa mahasiswi muslim yang kurang mampu berupa (beasiswa) yang menuntut ilmu di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Menurut buku untuk Beasiswa Chingkung “booksgoogle.com”, pertengahan tahun 2008 lalu UIN Jakarta juga telah menerima beberapa orang tamu dari organisasi muslim Taiwan dan beberapa Profesor dari beberapa Perguruan Tinggi di Tiongkok. Organisasi muslim Taiwan dan beberapa Profesor tersebut juga mempunyai ketertarikan untuk menjalin kerja sama dengan UIN Jakarta. Hal tersebut membuat UIN Syarif Hidayatullah mendapatkan Beasiswa khusus Mahasiswa/i Fakultas Usulludin yang disebut dengan beasiswa “Chingkung”.
Wiwin Abadeke, perempuan yang akrab disapa Wiwin salah satu mahasiswi yang mendapat beasiswa Chingkung. Mahasiswi Fakultas Usulludin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang lahir di Sagea Maluku Utara 10 Oktober 1990 tidak mengira dirinya akan mendapatkan beasiswa dari Master Ching Kung, China. Gadis berparas manis dan cantik ini mengatakan, “Sejak awal masuk menjadi mahasiswa/i UIN Syarif Hidayatullah – Jakarta dari semester satu sampai dengan semester tujuh saya mendapatkan kebebasan tidak membayar uang semester”, katanya dengan nada bahagia.
Anak dari Bapak Abadeke Muhammad (Buruh) dan Ibu Jahalilah Jafar (Ibu Rumah Tangga) senang bisa membantu perekonomian keluarga, karena mendapat beasiswa ia dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ia mengungkapkan, “Beasiswa Chingkung diperuntukan dan dipergunakan sebagai pembayaran administrasi semesteran dari awal semester I sampai dengan semester VII. Jadi, beasiswa Chingkung diberikan kepada calon dan, atau mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah – Jakarta. Bukanlah dalam bentuk uang tunai, akan tetapi langsung dibayarkan untuk biaya kuliah per semesternya”, ungkapnya dengan lugas. Beasiswa yang diterimanya sangat membatu meringankan kehidupan sehari-hari selama menjalankan perkuliahannya.
Mahasiswi berjilbab yang berkediaman di Parung Bingung RT. 04/013 No. 21 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas - Depok 16434 dan memiliki alamat email abdulgafur03@yahoo.co.id. Anak kedelapan dari sembilan bersaudara ini menjawab pertanyaan mengenai pengaruh mendapatkan beasiswa Chingkung, “Pengaruh setelah saya mendapatkan beasiswa Chingkung, saya semakin bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu-ilmu yang bermanfaat di UIN Syarif Hidayatullah – Jakarta sebagai Universitas Islam yang saya banggakan ini” jawabnya dengan lembut.
Harapan dari salah seorang mahasiswi jurusan Filsafat mendapatkan beasiswa Master Chingkung, yang memiliki riwayat hidup SDN Sagea - Maluku Utara, MTs. Al-Hidayah - Depok, Madrasah Aliyah Dwi Bahasa Al-Ittihad - Depok, dan UIN Syarif Hidayatullah – Jakarta, berharap “Semoga beasiswa Chingkung tetap ada bagi program besiswa selanjutnya yang diadakan oleh dan atas kerja sama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah – Jakarta dengan Chingkung”, harapnya. Selain harapn yang ia utarakan, ia pula memberikan kesan, pesan, dan kritikan yang membangun, “Kesannya Alḥamdulillāh dengan besiswa Chingkung Insya Allah saya akan menyandang predikat sarjana dan alumni Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Jurusan Aqidah dan Filsafat UIN. Syarif Hidayatullah – Jakarta yang saya banggakan ini. Adapun pesan saya adalah manfaatkanlah besiswa Chingkung ataupun besiswa lainnya yang ada untuk membantu dan mendorong kita mencapai cita-cita dan harapan orang tua. Sedangkan kritik saya terhadap para mahasiswa/i penerima beasiswa. “Ingatlah kita adalah termasuk mahasiswa/i yang lebih beruntung, karena di luar kita banyak yang mengharapkan bantuan (beasiswa) untuk dapat menuntut ilmu pada jenjang yang lebih tinggi lagi”, dengan tawa kecil mengakhiri perbincangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar