Senin, 10 Maret 2014

Beasiswa Vs Mahasiswa 1


Biaya Kuliah Terasa Ringan Berkat Beasiswa Chingkung

“Tuntutlah Ilmu Walau Sampai Negeri China”. Pepatah yang sering kali kita dengar, memiliki makna Negeri Cina dianggap sebagai salah satu sumber ilmu pada masa Nabi Muhammad sekaligus sebagai tempat yang belum disentuh oleh budaya Islam. Artinya, Rasulullah sedang mengisyaratkan izin bahwa seseorang boleh saja menuntut ilmu apa pun termasuk ajaran-ajaran yang mungkin agak berbeda dengan konsep Islam atau dewasa ini disebut pengetahuan sekular. Ada pula yang mengatakan bahwa pepatah ini mengindikasikan pentingnya menuntut ilmu hingga ke negeri-negeri yang jauh (Cina sangat jauh dari dataran gersang Arab). Menuntut ilmu itu tidak hanya dicari ditempat tinggal kita saja akan tetapi ilmu bisa didapat di luar negeri. Jalur mempermudah dalam menggapai pendidikan yang lebih tinggi dan meringankan ekonomi orang tua dengan mencari beasiswa. Chingkung  salah satu beasiswa diberikan oleh Master Ching Kung yang berasal dari China. Orang yang beragama budha ini memberikan bebas biaya untuk mahasiswa Fakultas Usulludin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang kurang mampu. Pemberian beasiswa diberikan melalui dekan fakultasnya. Beasiswa yang diberikan untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu yang terbebas dari biaya perkulihan selama empat tahun membuat mahasiswa terbantu dalam pembiayaan kuliah.
            Arif Fauzi Fadlan, salah satu mahasiswa fakultas usuludin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mendapatkan Beasiswa Chingkung. Laki-laki kelahiran Sumatra Barat 27 Agustus 1990 ini tidak menyangka akan mendapat keringanan biaya kuliah dari beasiswa yang diselenggarakan oleh dekan fakultas usulludin pemberian dari Master Chingkung. Ia senang sekali ketika terpilih untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Anak dari Bapak Alm. Khumaedi dan Ibu Sapi’ah seorang Ibu rumah tangga ini  mengungkapkan rasa syukurnya terhadap manfaat yang didapat dari beasiswa Chingkung, “Alhamdulillah saya bisa meneruskan kuliah di perguruan tinggi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tanpa biaya semester berkat beasiswa Cingkung”, ungkapnya.
            Seorang vokalis salah satu band Indonesia “Callysta” yang akrab dipanggil Ayiep, memiliki sembilan saudara dan ia anak kesembilan dari sembilan bersaudara. Ia tidak menduga sejak semester satu biaya kuliah yang seharusnya dibiayai orang tua, tapi berkat mendapat beasiswa Chingkung sedikit membatu ekonomi keluarga dalam pembiayaan uang kuliahnya. Mahasiswa usulludin yang memiliki riwayat pendidikian SDN 1 Arjawinangun Cirebon, SMPN 1 Arjawinangun Cirebon, MA Mathali’ul falah Kajen Pati, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai penggunaan uang yang didapat dari beasiswa Chingkung, “Kebetulan beasiswa yang saya dapat dari Chingkung itu hanya biaya semester. Semester satu sampai dengan semester delapan,  jadi ya beasiswanya hanya untuk biaya semester saja, tapi sayangnya dari cingkung memberikan beasiswanya tidak seperti perjanjian awal yang tadinya gratis 1-8 semester kenyataanya hanya sampai semester enam. Alasanya saya sendiri kurang tau, jadi sekarang untuk semester tujuh dan delapan dialihkan ke beasiswa lain”. Jawabnya dengan lugas.
     Laki-laki yang memiliki kulit hitam manis, dan memiliki alamat email Ayiepfadlan@gmail.com dan twitter @ayiepfadlan, menurutnya pengaruh mendapatkan beasiswa dari Chingkung sangatlah besar, karena mahasiswa penerima beasiswa tidak sama dengan mahasiswa yang tidak mendapatkan beasiswa. Ia menegaskan, “Kami Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa punya tuntutan semester delapan harus selesai kuliah, jadi ini sangat memotivasi kami untuk kuliah dengan baik”, tegasnya.
            Harapan dari salah seorang mahasiswa UIN Jakarta  yang mendapatkan beasiswa dari Master Chingkung berdomisili di Cerebon, Kelurahan Desa Kaliwadas, Kecamata Sumber Kabupaten Cirebon ini, mengungkapkan “Harapan saya beasiswa cingkung ini tidak hanya berhenti di angkatan 2010 saja, tapi untuk angkatan-angkatan selanjutnya bisa mendapatkan beasiswa chingkung juga” dan ia pula memberikan kesan dan pesan , “Saya berterimakasih sekali kepada master cingkung yang memberikan kami beasiswa, ya walaupun berhenti di tengah jalan tapi ini sudah sangat membantu, mudah-mudahan bisa memberikan kesempatan lagi bagi mahasiswa lain yang membutuhkan.” Ungkapnya dengan senyum manis mengakhiri wawancara.
Arif Fauzi Fadlan
"Ayiep" Vokalis Callista

Tidak ada komentar:

Posting Komentar