Jumat, 04 Maret 2016

Luar Biasa, Antusiasme Pemakaian Energi Alternatif di Pasuruan Sangat Besar

        Animo masyarakat Pasuruan sangat besar dalam hal penggunaan Energi alternatif. Salah satunya, penggunaan biogas sebagai energi terbarukan sangat membantu masyarakat Pasuruan dalam perekonomian. Biogas adalah suatu gas yang dihasilkan dari bahan bahan organik seperti kotoran manusia, kotoran hewan dan limbah rumah tangga. Bahan yang sangat dibutuhkan dalam membuat biogas yaitu metana dan karbon dioksida yang terkandung di dalam bahan organik.

       Biogas sebagai energi terbarukan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya berupa lingkungan menjadi lebih bersih dan indah, hal ini terjadi karena memanfaatkan limbah dan kotoran untuk dijadikan bahan pembuat biogas. Masyarkat Pasuruan yang sudah memanfaatkan biogas sejak 2013 mendapat dukungan dari Humas Strategic Business Unit II PGN, Krisdyan Widagdo Adhi. Ia mengatakan, "Program ini sudah kami jalankan sejak November 2013 dan hingga kini kami telah merealisasikan pembangunan 20 unit instalasi biogas dengan total anggaran sekitar Rp170 juta," ungkapnya. Tidak hanya itu untuk mendukung merealisasikan biogas, Humas Strategic Business Unit II PGN memberikan satu instalasi biogas dengan ukuran 8-10 meter kubik memiliki kapasitas pengolahan 80-100 kilogram kotoran sapi setiap hari.
        Walaupun semangat masyarakat Pasuruan besar dalam penggunaan biogas sehari-hari, akan tetapi dana untuk membangun instalasi menjadi kendalanya. Kepala Pusat Pelayanan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (P4M) Universitas Brawijaya, Maftuh, mengatakan "Animo masyarakat untuk memanfaatkan biogas sebagai sumber energi sebenarnya cukup tinggi, tetapi mereka terkendala dana untuk pembangunan instalasinya" katanya.

        Pengurus Koperasi Peternakan Sapi Perah Setia Kawan Nongkojajar, Hariyanto, mengungkapkan "potensi pengembangan biogas di Kecamatan Tutur sangat besar, karena terdapat sekitar 1.820 ekor sapi milik anggota koperasi yang kotorannya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku biogas" ungkapnya. Ayo, kita bantu serta dukung masyarakat Pasuruan dalam penggunaan biogas sebagai energi terbarukan dalam sehari-hari.


Sumber:
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/124769/pgn-bantu-pembangunan-instalasi-biogas-warga-pasuruan



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar